Monday, June 26, 2017

5 Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tubuh Yang Banyak Disepelekan

Apakah olahraga secara rutin memberikan manfaat untuk tubuh? Hampir setiap orang yang ditanyakan pertanyaan diatas akan menjawab iya. Tetapi jika ditanyakan, apakah saudara/saudari melakukan olahraga secara rutin? Hampir dipastikan sebagian besar menjawab tidak. Apakah sumber masalah dari malasnya melakukan olahraga? Jika ditelisik dari sifat alami manusia, manusia akan cenderung mau melakukan sesuatu jika dibarengi dengan hasil positif yang bisa langusng dirasakannya, begitupun dengan olahraga.

5 manfaat olahraga bagi tubuh
5 Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tubuh
Kebanyakan orang tidak mengetahui secara spesifik manfaat apa yang bisa diperoleh dari melakukan olahraga secara rutin. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan 5 manfaat olahraga bagi tubuh yang banyak sekali disepelekan, padahal manfaatnya sangat berguna dalam mendukung kegiatan sobat sehari - hari.

Mau tahu apa saja manfaat olahraga bagi tubuh? silahkan disimak sob.

1. Tidur Berkualitas

Bagi sobat yang sering mengalami insomnia atau sulit tidur pada malam hari, olahraga adalah salah satu cara mengatasi insomnia yang paling aman dan juga murah (gratis). Dengan melakukan olahraga secara rutin paling lama 60 menit satu hari, peredaran darah pada tubuh akan berjalan lebih lancar. 
manfaat olahraga rutin pada tubuh
Tidur Berkualitas
Asupan oksigen yang disebarkan oleh pembuluh - pembuluh darah akan semakin lancar yang berdampak pada kualitas tidur yang semakin baik. Jika kualitas tidur pada malam hari semakin baik, otomatis kegiatan yang dilakukan pada siang harinya juga ikut menjadi lebih baik

2. Memperlambat Penuaan 

Poin nomor 2 ini tentunya hal yang sangat disukai oleh banyak wanita. Olahraga secara rutin berdampak langsung pada sisi kecantikan. Wajah orang yang melakukan olahraga secara rutin cenderung lebih segar dan cerah. Olahraga dapat memancarkan aura positif pada wajah, sehingga wajah orang yang melakukan olahraga terkesan menjadi lebih muda. 
manfaat olahraga rutin pada tubuh yang banyak disepelekan
Memperlambat Penuaan
Hal ini juga telah terbukti secara ilmiah bahwa wajah orang yang baru selesai melakukan olahraga terlihat lebih bersinar, yang mana hal ini tidak dapat diperoleh dengan pemakaian produk kosmetik apapun.

3. Kinerja Otak Menjadi Lebih Baik

Salah satu manfaat olahraga yang banyak disepelekan adalah membuat kinerja otak menjadi lebih baik dan cepat. 
manfaat olahraga yang banyak disepelekan
Kinerja Otak Lebih Baik
Hal ini dikarenakan asupan oksigen yang dibawa oleh pembuluh darah ke otak menjadi lebih lancar, dan secara otomatis membuat kinerja otak menjadi lebih baik dan cepat. Hal ini tentu sangat baik untuk sobat dalam melakukan aktifitas sehari - hari seperti saat mengerjakan tugas kuliah, ketika mengambil keputusan, dan juga pada saat menganalisa hal - hal yang penting.


4. Meningkatkan Stamina

Banyak orang yang menganggap hal ini bukanlah hal penting, karena stamina dapat dijaga dengan mengkonsumsi multivitamin. 
5 manfaat melakukan olahraga
Meningkatkan Stamina
Anggapan tersebut bisa saya katakan adalah keliru. Ketahanan stamina yang sobat dapatkan dari rutin berolahraga tentulah bersifat tetap dan tidak akan berdampak buruk bagi tubuh sobat. Dengan melakukan olahraga secara rutin akan meningkatkan stamina sobat dan tentu dapat mendukung kegiatan sobat sehari - hari. Sobat jadi tidak akan mudah merasa lelah, selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan dan kegiatan fisik lainnya.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Nah, yang terkahir ini tentunya sudah banyak diketahui orang. Tetapi, apakah pengaruh pada tubuh terhadap meningkatnya metabolisme? Pengertian metabolisme secara sederhananya adalah kemampuan tubuh dalam memproses segala asupan yang masuk baik itu penyerapan nutrisi, pembakaran kalori menjadi energi dan juga proses asupan tadi menjadi ampas. 
manfaat olahraga secara rutin pada tubuh
Metabolisme Tubuh
Ibaratnya mobil, jika proses pembakaran bahan bakar tidak sempurna, maka power yang dihasilkan mobil menjadi kecil dan bahan bakar akan boros / terbuang. Begitu juga pada manusia, jika metabolisme tubuh baik, maka nutrisi dari asupan yang masuk akan diserap dengan sempurna untuk kepentingan tubuh dan kalori yang tersimpan pada tubuh dalam bentuk lemak akan dibakar menjadi energi. Secara sederhananya, jika metabolisme tubuh baik, akan berdampak pada berat badan yang menjadi ideal.

Itulah 5 manfaat melakukan olahraga secara rutin. Dengan mengetahui manfaat yang akan diperoleh, tentunya sobat akan lebih bersemangat dalam melakukan olahraga demi mendapatkan manfaat - manfaat yang ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat memotivasi sobat untuk melakukan olahraga secara rutin.

Jangan lupa subscribe pada form yang terdapat di bagian paling bawah agar sobat tidak ketinggalan update artikel menarik seputar kesehatan, kecantikan, relationship dan gaya hidup. Terima kasih.


EmoticonEmoticon