Monday, June 26, 2017

6 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Wanita Pasca Lebaran

Lebaran sudah berlalu satu hari yang lalu dan hal yang biasanya terjadi dan pastinya ditakuti oleh banyak wanita adalah kenaikan berat badan. Hal ini sebenarnya adalah hal yang wajar mengingat pada saat lebaran biasanya asupan kalori pada tubuh sobat meningkat yang mengakibatkan kegemukan. Pada artikel ini sobat bisa dapatkan cara efektif menurunkan berat badan pasca lebaran.

cara menurunkan berat badan pasca lebaran
Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Penyebab Berat Badan Naik Saat Lebaran

Sebelum masuk ke poin pembahasan, ada baiknya jika kita semua mengetahui hal - hal yang menyebabkan peningkatan berat badan pada saat momen lebaran, tentunya agar kita dapat mencegah kenaikan berat badan ketika lebaran.

1. Makanan Bersantan

Ini adalah hal yang umum tersedia disetiap rumah ketika lebaran. Makanan bersantan sudah menjadi ciri khasnya makanan di Indonesia, rasanya yang gurih dapat seketika meningkatkan nafsu makan siapa saja. 
6 cara menurunkan berat badan
Santan
Tetapi siapa yang sangka makanan bersantan justru mengandung kadar kolesterol dan juga lemak yang tinggi? Makanan bersantan adalah salah satu penyumbang kalori terbesar ketika momen lebaran. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar, kalau tidak pastinya berat badan sobat akan naik.

2. Kue Kering

Makanan yang satu ini ada banyak ragamnya, tetapi satu yang pasti bahwa kue kering bersifat manis dan tentunya kalorinya tinggi. 
cara menurunkan berat badan
Kue Kering
Parahnya lagi mengkonsumsi kue kering dalam jumlah banyak tidak membuat perut sobat cepat kenyang, sehingga porsinya bisa terus bertambah. Sebisa mungkin hindari terlalu banyak mengkonsumsi kue kering karena dapat menaikkan berat badan sobat.

3. Sirup

Lebaran memang identik dengan banyaknya makanan manis tidak terkecuali sirup. Sudah menjadi tradisi di Indonesia pada saat lebaran sirup selalu tersedia. 
cara efektif menurunkan berat badan pasca lebaran
Sirup
Sampai - sampai iklan sirup selalu menjamur di televisi ketika bulan puasa tiba. Rasanya yang manis tentu banyak disukai orang. Hal ini justru berbanding terbalik jika sobat tidak ingin berat badan sobat naik. Sirup memiliki kadar gula yang cukup tinggi sehingga bisa dengan cepat menaikkan berat badan sobat, terlebih lagi ini tidak baik untuk penderita diabetes.

4. Malas Olahraga

Jika sobat tidak bisa menahan nafsu makan, sobat bisa menyiasatinya dengan melakukan kegiatan fisik agar semua kalori yang sobat masukkan ke tubuh bisa dibakar dan tidak tertimbun menjadi lemak di dalam tubuh sobat. 
cara menurunkan berat badan pada wanita pasca lebaran
Malas Olahraga
Malas berolahraga adalah satu hal yang pasti membuat berat badan sobat meningkat.


Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Lebaran

Setelah melihat beberapa poin diatas mungkin sudah ada gambaran kenapa berat badan sobat naik? Untuk mencegah naikknya berat badan bisa dilakukan dengan mengatur porsi makanan - makanan yang terdapat pada poin diatas, atau bisa juga dengan cara melakukan kegiatan fisik seperti jogging, lompat tali, push-up agar kalori yang masuk bisa dibakar menjadi energi bukannya menjadi lemak. Jika berat badan sudah terlanjur naik, lakukan beberapa cara dibawah untuk membuat berat badan kembali menjadi ideal.

1. Air Putih

Minumlah air putih secara rutin dan sering, bukan banyak ya sob, tetapi sering. Dengan mengkonsumsi air putih secara sering/rutin, sobat sudah mendapatkan manfaat yaitu memperlancar saluran cerna dan kemih sobat. 
cara menurunkan berat badan dengan air putih
Air Putih
Dengan mengkonsumsi air putih secara rutin juga dapat menurunkan berat badan dengan efektif jika dibarengin dengan olahraga fisik. Mengkonsumsi air putih juga baik dilakukan pada pagi hari ketika baru bangun tidur sebelum menyikat gigi. Hal ini sudah saya praktekkan dan hasilnya BAB lancar setiap pagi. 

2. Olahraga

Bagi sebagian orang olahraga mungkin adalah satu hal yang klise jika dikaitkan dengan berat badan. Percayalah olahraga sangat baik untuk siapapun orangnya, tidak hanya berkaitan dengan berat badan saja. 
cara menurunkan berat badan pasca lebaran
Olahraga
Dengan melakukan olahraga rutin paling lama 60 menit saja setiap harinya maka metabolisme akan lancar, dengan kata lain berat badan sobat akan secara efektif turun karena kalori diubah menjadi tenaga. Olahraga rutin juga baik untuk sobat yang menderita insomnia, dengan berolahraga akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik dan berkualitas.

3. Atur Pola Makan

Sebagian orang terbiasa makan 3 kali sehari dengan porsi sedang sampai banyak, padahal ukuran lambung dan usus manusia tidaklah sebesar yang dipikirkan. 
cara menurunkan berat badan secara efektif
Pola Makan
Untuk dapat menurunkan berat badan bisa membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi sedikit, takaran yang umum adalah setengah piring nasi, satu ekor ikan dan juga sayur - sayuran. Untuk menghindari rasa lapar sobat bisa menambahkan jumlah ikan ataupun lauk lainnya. Dengan mengkonsumsi lebih sedikit nasi sobat sudah memotong jumlah gula yang masuk kedalam tubuh.

4. Perbanyak Buah dan Sayur

Masih ada yang malas makan sayur? Pada zaman sekarang ini seharusnya kita lebih sadar akan baiknya manfaat buah dan sayur bagi tubuh kita. 
cara efektif menurunkan berat
Buah dan Sayur
Dengan mengkonsumsi buah dan sayur kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada tubuh. Buah juga baik untuk sobat konsumsi sebagai pengganti snack. Sediakan paling tidak pisang, ataupun apel untuk snack dirumah karena bisa membuah perut lebih terisi dan kenyang.

5. Perbaiki Kualitas Tidur

Jangan biasakan diri untuk tidur terlalu larut atau bahkan sampai begadang. 
tips efektif menurunkan berat badan
Kualitas Tidur
Selain memangkas waktu istirahat yang mana adalah hak tubuh sobat, begadang juga dapat menyebabkan kegemukan, tidak percaya? Lebih dari 50% orang begadang biasanya mengkonsumsi makanan ringan maupun berat pada jam larut malam yang tentunya kita semua tahu dapat menaikkan berat badan.


6. Disiplin

Cara terakhir dan tentunya kembali kepada diri kita masing - masing. Kelima poin diatas tidak akan berdampak apa - apa jika sobat tidak melakukannya secara disiplin dan berkelanjutan. 
cara menurunkan berat badan setelah lebaran
Disiplin
Hal yang kita harus ketahui adalah penurunan berat badan tidak akan terjadi setelah sobat melakukan diet dalam kurun waktu beberapa minggu saja, bersabar dan disiplin adalah kuncinya.

Semoga 6 cara menurunkan berat badan yang saya rangkum ini bermanfaat untuk sobat semuanya. Mulailah hidup sehat dari sekarang, karena kita baru akan sadar jika sehat itu mahal ketika sudah sakit. Terima kasih sudah membaca artikel ini, agar tidak kelewatan postingan artikel terbaru mengenai kesehatan, kecantikan gaya hidup lainnya, bisa berlangganan dengan cara memasukkan email pada form dibagian footer website. Terima kasih.


EmoticonEmoticon