Saturday, June 24, 2017

6 Tips Ampuh Mencegah Kenaikan Berat Badan Pasca Lebaran

Halo sobat, apa kabarnya? Semoga selalu sehat ya. Tidak terasa puasa sudah hampir kita lalui sebulan lamanya. Bagi umat Muslim tentunya hari yang paling ditunggu - tunggu setelah menjalani ibadah puasa adalah Lebaran.

cara mencegah kenaikan berat badan pasca lebaran
Tips Mencegah Kenaikan Berat Badan Pasca Lebaran
Ada beberapa hal yang selalu menjadi ciri khas khususnya di Indonesia ketika lebaran misalnya mudik, THR, dan pastinya makanan berlemak sobat. Kalo sudah begini hal yang umumnya terjadi adalah kenaikan berat badan. Hal ini tentu menjadi hal yang menakutkan untuk sobat yang sedang program menurunkan berat, tetapi untuk sobat yang sedang menaikkan berat badan, Lebaran adalah momen yang tepat.

Kali ini bagaimanacaraa akan memberikan 6 tips ampuh menghindari kenaikan berat badan saat Lebaran, semoga tips ini bermanfaat.

6. Batasi Makan Kue Kering

Hal umum yang pasti selalu ada ketika Lebaran adalah silaturahmi dan juga kue - kue kering yang selalu terhidang di setiap rumah. 
cara mencegah kenaikan berat badan
Kue Kering
Jika diperhatikan kue kering dengan rasa yang manis tentunya mengandung kalori yang tinggi, terlebih lagi jika sobat makan dengan jumlah yang besar. Hal ini didukung dengan sulitnya merasa kenyang dengan mengkonsumsi kue kering ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika sobat makan kue kering pastikan dengan jumlah yang sedikit. Lebih baik makan makanan berat sekali disetiap rumah dari pada makan kue kering disetiap rumah sob.

5. Batasi Porsi Makan

Memang ada banyak makanan disetiap lebaran yang bisa sobat nikmati. Agar tidak mengalami kenaikan berat badan sobat harus membatasi porsi makanan yang sobat makan, terlebih lagi makanan yang tersedia ketika lebaran umumnya memiliki kadar lemak yang sangat tinggi. 
mencegah kenaikan berat badan
Batasi Porsi Makan
Sobat bisa memakan berbagai macam makanan yang ada tetapi tetap perhatikan agar porsinya sedikit sob.

4. Lakukan Aktifitas Olahraga

Lebaran tahun ini bisa sobat manfaatkan sebagai momentum untuk memulai hidup sehat dengan berolahraga. 
mencegah kenaikan berat badan setelah lebaran
Olahraga
Berapa banyak pun makanan yang sobat konsumsi, tetap akan terbakar menjadi energy jika sobat melakukan aktifitas olahraga. Lakukan paling lambat 60 menit olahraga dirumah setiap pagi, bisa dilakukan dengan push-up atau hanya dengan melakukan lompat tali. Pastikan keringat sobat keluar bercucuran karena itu adalah tanda tubuh sobat membakar lemak menjadi tenaga.


3. Hindari Sirup Berlebihan

Mungkin terlihat sepele, tetapi sirup adalah salah satu penyumbang lemak terbesar ditubuh sobat ketika lebaran. Sirup mengandung gula yang sangat tinggi yang tentunya dapat membuat berat badan sobat naik dengan cepat. 
tips mencegah kenaikan berat badan pasca lebaran
Hindari Sirup
Parahnya sirup tidak dapat membuat perut kenyang dan pada akhirnya tidak terasa sudah minum begitu banyak sirup. Cara mengatasinya adalah ganti sirup dengan air putih, selain baik untuk pencernaan tubuh, minum air putih secara rutin juga dapat menurunkan berat badan secara efektif sob.

2. Tidur Yang Cukup

Hindari begadang terlebih lagi ketika momen lebaran jika sobat ingin mencegah kenaikan berat badan. 
cara mencegah kenaikan berat badan setelah lebaran
Tidur yang Cukup
Begadang adalah salah satu penyebab naiknya berat badan karena disadari atau tidak, orang begadang sering sekali mengalami peningkatan nafsu makan ketika malam hari dan tentunya makanan akan tersimpan didalam tubuh sebagai lemak. Tidur yang cukup dapat membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan mencegah kenaikan berat badan pasca lebaran.

1. Periksa Timbangan

Cek berat badan sobat setelah 3 hari lebaran. Jika memang ada kenaikan berat badan sobat akan termotivasi untuk mengurangi porsi makanan. 
mencegah kenaikan berat badan
Periksa Timbangan
Dengan memeriksa berat badan secara rutin juga akan membuat sobat disiplin dalam mengatur pola makan agar berat badan tetap ideal.


Jadikan lebaran tahun ini menjadi momentum sobat untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga, hindari konsumsi makanan yang berlebihan agar berat badan sobat tetap ideal pasca lebaran. Sekian 6 tips mencegah kenaikan berat badan yang terjadi pasca lebaran, semoga tips ini bermanfaat untuk sobat dan dapat diterapkan. 

Kami dari bagaimanacaraa mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadhan diterima Allah Azza Wa Jalla. 


EmoticonEmoticon