Monday, April 25, 2016

Tips dan Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah dan Cepat

Tips dan Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah dan Cepat - Bagi para pecandu rokok adalah hal yang sangat mustahil untuk berhenti dari kebiasaannya merokok, padahal mereka sadar akan bahaya merokok baik untuk kesehatannya sendiri maupun kesehatan orang disekitarnya. Belum lagi uang yang habis dengan tujuan untuk merusak kesehatan sendiri hanya karena kepuasan semu dalam menghisap rokok. Ada dua zat pada rokok yang secara umum diketahui oleh masyarakat banyak walaupun sebenarnya ada banyak zat berbahaya yang terkandung dalam rokok, dua zat itu adalah nikotin dan tar. Nikotin adalah zat cair berminyak yang tidak berwarna dan yang berperan dalam menghambat rasa lapar dan juga yang menyebabkan kecanduan pada perokok. Tar adalah cairan kental berwarna coklat tua yang diperoleh dari distilasi kayu dan arang, tar adalah zat yang menyebabkan kanker paru - paru pada pecandu rokok.

Tips dan Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah dan Cepat

Tidak sedikit dari pecandu rokok yang sangat ingin berhenti merokok tetapi tidak juga terealisasi dan beralasan tetap tidak bisa meninggalkan kebiasaannya karena sudah kecanduan. Semua kecanduan itu hanya terjadi pada kepala dan pemikiran anda, jika anda memang ingin kuatkan tekad untuk betul - betul berhenti merokok. Merokok juga dapat memberikan contoh dan pengaruh yang buruk bagi anak anda baik dalam sisi kesehatan maupun tingkah lakunya nanti. Simaklah beberapa tips dan cara berhenti merokok yang bagaimanacaraa rangkum berikut ini.

1. Tekad dan niat
Bangunan yang besar dan menjulang ke angkasa bisa kuat dan kokoh karena pondasinya kuat dan kokoh juga. Begitu juga dengan anda, dasar anda untuk berhenti merokok adalah niat dan tekad. Kuatkan niat dan tekad anda jika tidak maka program seperti apa pun yang anda lakukan untuk berhenti merokok akan sia - sia. Ingat bahwa akan banyak orang yang terkena efek samping yang buruk dari asap rokok yang anda hembuskan, jika tidak bisa dampak yang baik paling tidak kita tidak merusak orang lain.

2. Hindari mencari - cari alasan
Jika anda ingin berhenti merokok yang berhenti saja jangan cari - cari alasan ini itu. Banyak perokok yang mengatakan "kakek saya yang sudah merokok hampir separuh umurnya saja dia bisa hidup sampai umur 80 tahun". Jangan jadikan itu sebagai tolak ukur bahwa rokok tidaklah berbahaya buat kesehatan anda. Itu hanyalah 1 dari 100 orang. Fakta yang sudah jelas adalah rokok sangat berbahaya buat kesehatan anda.

3. Minta dukungan dari orang dekat

Tips dan Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah dan Cepat

Katakan pada orang terdekat anda jika anda ingin segera berhenti merokok, dengan seperti itu maka orang dekat tersebut akan peduli untuk mengingatkan anda dalam mengurangi porsi rokok anda dan secara perlahan dengan dukungan dan tekad kuat anda maka anda akan terbebas dari rokok.

4. Berolahraga

Tips dan Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah dan Cepat

Berolahraga selain membuat tubuh anda sehat dan bugar juga memberikan dampak positif terhadap pikiran anda. Saya punya teman yang dulunya merokok dan telah berhasil berhenti dari rokok, dia mengatakan kalau dia berhenti dari merokok karena rutin berolahraga. Pada saat berolahraga sebentar saja dirinya merasakan lelah yang luar biasa. Dari situlah dia sadar bahwa rokok yang dia hisap berdampak buruk bagi staminanya dan motivasi berhenti merokok itu pun muncul dengan sendirinya.
  
5. Cari kesibukan setelah makan
Pada umumnya para pecandu rokok mengatakan bahwa merokok setelah selesai makan adalah suatu kenikmatan. Cari lah hal lain yang bisa anda kerjakan setelah selesai makan jangan hanya duduk terdiam. Jauhi pikiran anda dari rokok, anda bisa menghisap permen untuk membuat mulut anda tetap sibuk, atau mungkin nyemilin coklat dan minum teh.

6. Banyak minum air putih

Tips dan Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah dan Cepat

Perbanyaklah minum air putih selain baik bagi kesehatan air putih juga dapat membuang racun didalam tubuh anda dengan sangat cepat. Banyak minum air putih juga dapat mengurangi kecanduan anda terhadap rokok karena tidak nikmat rasanya minum air putih didampingi rokok.

7. Hindari begadang

Tips dan Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah dan Cepat

Pecandu rokok pada umunya akan sangat banyak menghabiskan rokoknya pada saat terjaga di malam hari. Menghindari diri anda dari begadang juga dapat mengurangi resiko anda untuk stress, jika tingkat stress anda berkurang maka konsumsi rokok anda juga berkurang.

8. Mengurangi porsi rokok secara perlahan

Tips dan Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah dan Cepat

Lakukan lah tahap ini secara perlahan dan jangan terburu - buru agar tubuh anda membiasakan diri. Jika biasanya anda merokok bisa satu bungkus satu hari maka kurangi lah 2 batang pada minggu pertama. Lakukan seterusnya dan harus ada progres dan perkembangan yang baik setiap minggunya. Hal ini akan membiasakan tubuh anda terhadap rokok dan anda akan bebas dari rokok selamanya.

9. Berhenti merokok sekarang!

Tips dan Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah dan Cepat

Jangan tunda - tunda untuk berhenti merokok sebelum menyesal dengan dampaknya yang sangat tidak baik. Berhent merokok sekarang!

Merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa dihilangkan secara permanen tergantung seberapa besar tekad dan semangat anda untuk berhenti. Ayah saya yang sudah merokok lebih dari 30 tahun pada akhirnya bisa berhenti setelah dia pensiun. Kesadaran akan kesehatan itu adalah hal yang penting. Mungkin anda merasa sehat dan bugar sekarang ini, tapi dampak dari pola hidup anda akan anda rasakan pada saat anda berusia lanjut. Sekian rangkuman bagaimanacaraa mengenai tips dan cara berhenti merokok dengan mudah dan cepat, semoga bisa memberikan motivasi dan sedikit bantuan untuk anda yang ingin berhenti merokok, terima kasih.

baca juga :
Dampak negatif merokok dan cara mengatasinya 
Cara ampuh dan efektif mengatasi insomnia  
Efek samping setelah berhenti merokok secara total 

1 komentar so far

Keren tulisannya bisa jadi refrensi juga nih, thanks.. --> #Yuk Cek dulu blog kita Media Informasi Online di Kota Medan


EmoticonEmoticon