Saturday, April 16, 2016

Cara Yang Benar Menabung Dengan Cepat Efektif

Cara Yang Benar Menabung Dengan Cepat Efektif - Hidup tenang dan penuh dengan kecukupan di masa mendatang adalah impian bagi setiap orang. Dapat membeli semua barang dan keperluan tanpa harus terbeban dari kekurangan ekonomi ataupun uang bisa jadi adalah hal paling membahagiakan bagi sebagian orang. Meskipun hidup anda bergelimang harta benda yang banyak tidak lantas membuat anda terhindar dari gaya hidup menabung. Hati - hati, stres yang diakibatkan oleh kekurangan uang dapat menimbulkan jerawat pada wajah anda. Bagi sebagian orang menabung sulit dilakukan karena kekurangan dari segi ekonomi, tetapi itu tidak menjadi patokan karena orang dengan level ekonomi yang tinggi saja bisa kesulitan menabung karena gaya hidup yang terlalu boros.

cara yang benar menabung denga cepat dan efektif
Perlu diingat, walaupun hidup anda serba berkecukupan tetapi menabung tetaplah penting karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi kedepannya, mempersiapkan keuangan untuk masa depan dengan cara menabung adalah hal mutlak yang harus dilakukan jika anda ingin hidup senang dikemudian hari, hemat pangkal kaya

Adakah cara yang benar untuk menabung dengan cepat dan efektif? Berikut bagaimanacaraa merincikan tips menabung dengan cepat dan efektif.

1. Hindari membawa banyak uang tunai saat keluar rumah

cara yang benar menabung dengan cepat dan efektif

Membawa banyak uang pada saat keluar ataupun hangout dengan teman hanya akan memboroskan uang anda kecuali sudah diatur di dalam mindset anda untuk berhemat apapun caranya, tetapi jika anda tipe orang yang senang belanja dan "lapar mata" hindarilah hal yang satu ini. Dengan menhindari membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak maka secara otomatis anda akan terhindar dari belanja hal - hal yang sebenarnya tidak anda butuhkan.

2. Catatlah setiap pengeluaran

cara yang benar menabung dengan cepat dan efektif

Anda gunakan untuk apa saja uang anda pada hari ini? Catat seluruh pengeluaran bahkan untuk uang parkir sepeda motor anda. Buatlah catatan pengeluaran yang terperinci setiap sennya agar anda mudah melihat dan tidak mumet melihat catatan keuangan anda. Hal ini dapat menghindari anda mengeluarkan banyak uang yang berlebih dalam jangka waktu tertentu yang sudah anda tentukan.  

3. Maksimum pengeluaran setiap bulan
Aturlah keuangan anda sendiri seperti anda mengatur diri anda. Tentukan berapa banyak pengeluaran maksimum yang dapat anda gunakan selama sebulan. Kalau sudah hampir mencapai limit pengeluaran maka berhematlah meskipun anda ingin membeli sesuatu. Hal ini juga dapat melatih anda untuk menjadi orang yang memiliki komitmen, dalam hal ini komitmen dalam keuangan anda.

4. Bedakan kebutuhan dengan keinginan
Jangan anda samakan kebutuhan dengan keinginan, ini adalah dua hal yang sangat berbeda. Anda bisa hidup tanpa keinginan anda, tetapi anda akan sulit hidup tanpa kebutuhan anda. Dahulukanlah kebutuhan dan kesampingkan keinginan anda. Ketika anda hangout ke mall dan melihat ada sepatu yang bagus serta ingin membelinya itu adalah keinginan, jika anda tetap membelinya maka anda telah berlaku boros.

5. Jangan tingkatkan biaya maksimum pengeluaran seiring dengan meningkatnya pendapatan

cara yang benar menabung dengan cepat dan efektif

Jika sebelumnya pengeluaran maksimal anda selama sebulan adalah 1 juta dari 3 juta pendapatan anda, maka biarkanlah tetap seperti itu walaupun pendapatan anda meningkat menjadi 4 juta. Anda akan mendapatkan kelebihan pada tabungan anda dan ini akan lebih baik untuk keuangan anda di masa depan.     

6. Perkuat komitmen anda untuk menabung dan berhemat
Sejuta teori yang saya jabarkan tidak akan ada artinya jika anda tidak mempunyai komitmen yang kuat untuk menbaung dan berhemat. Semua rencana dan proses datang dari dalam hati anda dan niat anda. Jika anda berniat untuk menabung dan berhemat untuk masa depan anda maka kuatkan itu menjadi komitmen, jika tidak maka tidak akan ada cara yang berhasil untuk anda.

Seperti pepatah yang sering kita dengar semenjak kecil, hemat pangkal kaya. Berhematlah jika anda ingin kebutuhan anda dimasa depan dapat terpenuhi tanpa anda merasa kesulitan. 

Sekian cara yang benar menabung dengan cepat efektif dari bagaimanacaraa , semoga dapat memotivasi dan mendorong anda untuk menabung dan berhemat demi masa depan anda, terima kasih.  


EmoticonEmoticon