Monday, April 25, 2016

Efek Samping Setelah Berhenti Merokok Secara Total

Efek Samping Setelah Berhenti Merokok Secara Total - Presentase jumlah perokok di Indonesia mengalami trend yang meningkat, bayangkan saja anak - anak smp jaman sekarang sudah pada merokok, mereka berfikiran kalau merokok akan terlihat lebih maco atau dewasa. Penderita kanker paru - paru di Indonesia pun mengalami trend yang meningkat, hal ini berbanding lurus dengan jumlah perokok itu tadi. Jadi bisa disimpulkan penyebab kanker paru - paru terbesar salah satunya adalah akibat asap rokok yang dihirup. Para pecandu rokok yang sudah peduli akan kesehatan pun mulai meninggalkan kebiasaan merokoknya dengan berbagai cara.

baca juga : 
tips dan cara berhenti merokok dengan mudah dan cepat
cara alami dan cepat mengatasi insomnia

Efek Samping Setelah Berhenti Merokok Secara Total

Tapi tahukah anda bahwa setelah anda berhenti merokok anda akan mengalami efek negatif setelah berhenti merokok? Walaupun ada efek negatif setelah berhenti merokok secara total tetapi efek positifnya lebih banyak dan anda akan merasakan hidup anda lebih berkualitas.

Banyak pecandu rokok yang gagal ditengah jalan untuk berhenti merokok, padahal mereka sudah satu langkah lagi menuju hasil yang mereka harapkan. Zat pada rokok yang sangat fital berperan dalam menstimulus otak agar kecanduan terhadap rokok adalah nikotin. Ketika anda berusaha untuk meniggalkan rokok anda akan merasakan efek negatif seperti pusing, mual, gelisah dan yang terakhir adalah hasrat untuk kembali merokok lagi. Maka dari itu untuk berhenti merokok diperlukan tahapan dan bukan langsung berhenti 100 persen saat itu juga.

Berikut bagaimanacaraa merangkum efek samping setelah berhenti merokok secara total.

1. Mulut terasa asam
Efek ini akan anda rasakan diawal anda memutuskan untuk mengurangi rokok atau bahkan berhenti merokok. Rasa asam dan kebas pada mulut ini adalah salah satu alasan perokok balik pada kebiasaan merokoknya. Setelah menghisap rokok maka rasa itu akan hilang. Maka dari itu disarankan untuk mengganti rokok dengan permen untuk menghindari rokok tersebut.

2. Masalah pencernaan
Anda akan merasakan perut dan sistem pencernaan anda terganggu seperti mulas, mual dan diare. Gejala ini akan bertambah buruk sebelum pada akhirnya akan membaik. Ini terjadi karena reaksi tubuh anda dalam membuang racun - racun yang ada pada tubuh anda yang diakibatkan oleh rokok.

3. Sistem pernapasan
Tubuh anda juga akan bereaksi terhadap sistem pernapasan anda seperti merasa sesak dan mampet pada saat bernafas, batuk - batuk, dan bahkan lendir atau dahak pada tenggorokan anda akan sulit hilang. Contoh nyata pada kehidupan saya adalah ayah saya yang sampai saat ini sudah 7 tahun berhenti merokok tetapi tetap saja tenggorokannya sering berdahak.

4. Insomnia
Walaupun ini tidak terjadi pada semua kasus, tetapi dalam beberapa kasus anda akan mengalami susah tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Gejala ini juga adalah salah satu dari reaksi tubuh anda dalam membuang racun dari rokok yang bersarang dalam tubuh anda.      

5. Nafsu makan meningkat
Pada tahap lanjut jika anda sudah mulai meninggalkan rokok dalam waktu yang lumayan lama maka tubuh anda akan merespon dalam meningkatkan nafsu makan anda. Perokok memiliki nafsu makan yang sedikit yang diakibatkan oleh zat nikotin yang membuat kadar gula dalam darah meningkat sehingga nafsu makan menjadi tidak ada dan hasilnya badan perokok kurus - kurus. Jika nafsu makan sudah meningkat maka berat badan anda akan meningkat juga, jangan kebablasan dengan hal ini, imbangi dengan olahraga rutin agar tidak menimbulkan masalah baru pada diri anda yaitu kegemukan.

6. Resiko kematian akibat kanker menurun
Resiko kanker yang biasanya mengintai para pecandu rokok adalah kanker paru - paru dan kanker mulut. Hal ini akan menurun secara drastis bahkan 1 hari setelah anda tidak merokok.

7. Stamina dan kualitas hidup meningkat
Jika anda pecandu rokok, cobalah joging 1 kali putaran lapangan sepakbola. Apa yang akan anda rasakan? Sesak nafas? Langsung lelah? Tentu saja itu yang akan terjadi, anda akan terlihat lemah. Hal ini akan hilang seketika setelah anda meninggalkan rokok. Stamina anda akan meningkat, tidak akan ada lagi nafas pendek dan sesak. Anda akan bugar dan kualitas hidup anda tentu akan meningkat.

Jangan sia - siakan hidup dan kesehatan anda hanya untuk menghisap asap yang sudah jelas - jelas tidak memberikan manfaat apa - apa justru hanya keburukan bagi diri anda. Mulailah untuk bertekad dan segera berhenti dari kebiasaan merokok anda. Anda bisa merasakan secara langsung efek positif yang membuat hidup anda pasti lebih baik jika tidak merokok. Sekian pembahasan bagaimanacaraa mengenai efek samping setelah berhenti merokok secara total. Semoga bisa memberi semangat dan motivasi buat anda agar segera berhenti merokok, terima kasih.       


EmoticonEmoticon