Tuesday, April 26, 2016

Tips dan Cara Menghilangkan dan Mengatasi Rasa Kantuk Yang Berlebihan Saat Bekerja di Kantor

Tips dan Cara Menghilangkan dan Mengatasi Rasa Kantuk Yang Berlebihan Saat Bekerja di Kantor - Tidur adalah kebutuhan biologis setiap manusia yang berguna untuk mengistirahatkan tubuh dari aktifitas fisik yang sudah dilakukan seharian. Selain manfaat umum tidur yaitu untuk istirahat ternyata tidur yang cukup memiliki segudang manfaat bagi tubuh anda yang belum anda ketahui seperti meningkatkan memori dan menghindari stres. Tetapi apa jadinya kalau rasa kantuk untuk tidur itu datang disaat anda sedang bekerja di kantor? Produktifitas anda dan pekerjaan anda pasti akan terganggu oleh rasa kantuk tersebut.

baca juga :
Cara Alami dan Cepat Mengatasi dan Mengobati Insomnia 
Makanan Yang Bisa Membuat Kamu Ngantuk

Tips dan Cara Menghilangkan dan Mengatasi Rasa Kantuk Yang Berlebihan Saat Bekerja di Kantor

Jam tidur yang normal untuk orang dewasa adalah mulai sekitar jam 10 sampai sekitar jam 5 pagi. Jika anda merasakan kantuk pada saat jam - jam yang tidak seharusnya seperti pada pagi hari atau pada saat anda bekerja mungkin ada sesuatu yang salah pada diri anda. Sebelum membahas cara menghilangkan kantuk pada saat bekerja mari kita lihat terlebih dahulu apa saja manfaat tidur secara teratur berikut.

1. Meningkatkan memori

manfaat tidur teratur

Seperti yang sudah saya katakan diawal kalau tidur secara teratur dapat memperkuat dan meningkatkan memori anda. Jika anda adalah seorang pelajar maka jangan pernah memaksakan diri anda belajar hingga larut malam dengan tujuan untuk menguasai atau mengingat semua materi. Hal ini adalah salah besar, apa yang sudah anda pelajari akan menghilang begitu saja. Hal yang anda butuhkan untuk "melengketkan" apa yang sudah anda pelajari adalah dengan cara tidur.

2. Terhindar dari stress

manfaat tidur teratur

Kalau anda tetap terjaga sampai larut atau tidur terlalu larut malam maka dampak yang akan anda rasakan secara langsung adalah tekanan darah anda akan meningkat, hal ini bisa memicu stres keesokan harinya pada saat anda beraktifitas. Tidurlah untuk mengurangi dan terhindar dari stres.

3. Berat badan ideal

manfaat tidur teratur

Pernah berfikir kalau tubuh anda akan mudah gemuk jika terlalu banyak tidur? Itu adalah salah besar. Tidur terlalu larut atau begadang malah yang membuat tubuh anda mudah gemuk    

4. Terhindar dari ngantuk pada saat bekerja

manfaat tidur teratur

Tidur secara teratur adalah salah satu cara agar anda terhindar dari rasa kantuk yang berlebihan saat bekerja di kantor.

Menjaga waktu tidur anda dan memberikan hak tubuh anda untuk beristirahat adalah cara terbaik meningkatkan kualitas hidup anda. Jika anda adalah tipe orang yang suka mengantuk pada saat bekerja bacalah tips dan cara mengatasi rasa kantuk saat bekerja di kantor berikut ini.

1. Tidur sejenak

Tips dan Cara Menghilangkan dan Mengatasi Rasa Kantuk Yang Berlebihan Saat Bekerja di Kantor

Hal yang paling masuk akal untuk mengatasi rasa kantuk ya tidur. Yang menjadi masalah adalah anda mengantuk pada saat jam bekerja. Ambil lah waktu sejenak sekitar 15 menit dan pejamkan mata anda sampai tertidur. Melawan rasa kantuk tersebut dengan terus bekerja tidak akan berarti apa - apa.

2. Minum air hangat

Tips dan Cara Menghilangkan dan Mengatasi Rasa Kantuk Yang Berlebihan Saat Bekerja di Kantor

Ini adalah cara yang saya sering lakukan jika rasa kantuk datang pada saat sedang bekerja. Air hangat akan membuat anda lebih fresh dan badan anda juga akan mengeluarkan keringat. Hal ini akan membuat rasa kantuk teratasi.

3. Berjalan sejenak
Jangan hanya duduk di kursi anda sambil menunggu kantuk hilang, berjalan lah sejenak untuk memindahkan fokus otak dari rasa kantuk. Dengan berjalan sejenak maka rasa kantuk anda akan sedikit teratasi dan anda bisa kembali bekerja.

4. Tidur malam yang teratur
Seperti yang sudah saya katakan diatas tidur yang teratur dapat menghindari anda dari rasa kantuk yang datang pada waktu yang tidak tepat. Tubuh anda membutuhkan tidur, jika anda tidak memberikan hak tubuh anda untuk tidur pada malam hari maka tubuh anda akan menagihnya pada waktu siang.

5. Olahraga rutin

Tips dan Cara Menghilangkan dan Mengatasi Rasa Kantuk Yang Berlebihan Saat Bekerja di Kantor

Pada artikel saya banyak sekali saya cantumkan olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita salah satunya sangat bermanfaat untuk menghindari rasa kantuk pada saat bekerja. Olahraga yang rutin akan melancarkan peredaran darah dan supply darah dan oksigen ke otak anda akan baik dan lancar, maka dari itu kualitas tidur anda pun akan membaik dan terhindar dari rasa kantuk pada saat bekerja.

Rasa kantuk yang datang pada saat sedang bekerja akan sangat mengganggu produktifitas anda, apalagi kalau hal ini sering terjadi maka bisa dipastikan reputasi anda dimata pimpinan pun akan memburuk, hal ini juga akan buruk bagi karir anda kedepannya. Sekian pembahasan bagaimanacaraa mengenai tips dan cara menghilangkan dan mengatasi rasa kantuk yang berlebihan saat bekerja di kantor. Semoga dapat bermanfaat buat teman - teman sekalian. Terima kasih.    
         


EmoticonEmoticon