Friday, July 7, 2017

8 Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk dijaga karena jantung adalah organ pusat yang berfungsi memompa darah keseluruh tubuh. Untuk menjaganya dibutuhkan kebiasaan dan pola hidup yang sehat serta konsumsi makanan - makanan yang mengandung vitamin serta mineral yang baik untuk jantung.

buah yang baik untuk kesehatan jantung
Buah Yang Baik Untuk Jantung
Makanan yang baik untuk kesehatan jantung diantaranya adalah buah - buahan. Buah - buahan yang mengandung senyawa seperti flavonoid, antosianin dan juga lemak tak jenuh tunggal, dipercaya baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah. Pada artikel ini akan dibahas 8 buah yang baik untuk kesehatan jantung, silahkan disimak.

1. Berry

Buah berry seperti strawberry, blueberry, dan juga blackberry mengandung senyawa antosianin yang pada dasarnya membentuk warna merah dan juga biru pada buah tersebut. 
kesehatan jantung
Berry
Kandungan antosianin menurut hasil penelitian dapat melebarkan pembuluh darah. Penelitian dilakukan kepada wanita yang berusia diantara 20 sampai dengan 42 tahun. Wanita yang berumur 20 sampai 42 tahun yang sering mengkonsumsi buah berry memiliki kemungkinan terkena serangan jantung sekitar 30% lebih rendah dibandingkan dengan yang jarang mengkonsumsi berry.


Buah berry pada umumnya memiliki rasa yang sedikit asam, untuk sobat yang tidak menyukai rasa asam bisa mengkonsumsi buah ini dengan cara dijus dan ditambah sedikit gula agar lebih nikmat.

2. Alpukat

Serangan jantung terjadi karena penyumbatan pembuluh darah koroner oleh lemak yang disebabkan oleh kolesterol. 
buah untuk jantung
Alpukat
Kolesterol dapat dikurangi dengan zat lemak tak jenuh tunggal yang terdapat banyak pada buah alpukat. Banyak rumor yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa mengkonsumsi alpukat dapat dengan cepat menaikkan berat badan, hal ini tidak sepenuhnya benar jika kita mengkonsumsinya tanpa campuran gula, susu kental manis yang terlalu banyak. Kandungan kalium dan antioksidan juga banyak pada alpukat yang baik bagi kesehatan jantung dan pencegah kanker.

3. Pisang

Pisang adalah buah yang sangat mudah diperoleh di Indonesia, tinggal pergi ke pasar, maka bisa ditemukan berbagai jenis pisang yang harganya sangat terjangkau. 
menjaga kesehatan jantung
Pisang
Pisang juga memiliki rasa yang lezat. Pisang memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat rendah serta kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain baik untuk kesehatan jantung, pisang juga adalah makanan yang baik untuk diet. Pisang dapat dijadikan sebagai makanan pengganti cemilan yang rendah kalori dan sebagai sumber tenaga yang baik untuk tubuh.

4. Jeruk

Jeruk adalah buah yang terkenal mengandung vitamin C yang tinggi. 
mencegah serangan jantung
Jeruk
Selain itu jeruk juga mengandung kandungan flavonoid yang dapat menjaga pembuluh darah dari penyumbatan. Hal ini berdasarkan dari beberapa penelitian. Selain baik untuk jantung, jeruk juga baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh, yang dapat menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh. 

5. Delima

Buah delima atau yang sekarang lebih tenar dengan sebutan pomegranate, mengandung antioksidan yang sangat tinggi seperti antosianin dan juga polifenol yang dipercaya mampu menjaga kelenturan pembuluh darah. 
obat serangan jantung
Delima
Karena antioksidannya yang sangat tinggi, mengkonsumsi buah delima juga baik sebagai cara yang sehat untuk mencegah kanker. Mengingat bentuk buah delima seperti biji kecil yang jumlahnya banyak dan sulit untuk dimakan, lebih baik mengkonsumsi buah delima dengan cara dijus, agar lebih praktis tentunya.

6. Apel

Tidak jauh berbeda dengan buah delima, apel juga memiliki kandungan polifenol dan antosianin yang cukup tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan jantung
buah untuk kesehatan jantung
Apel
Rasanya yang manis sangat baik jika dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dibuat jus. Mengkonsumsi buah apel lebih baik jika tidak mengupas kulitnya, karena pada kulit apel mengandung banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Anggur

Anggur mengandung banyak senyawa resveratrol yang mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah. 
manfaat buah untuk jantung
Anggur
Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan khususnya jantung. Senyawa resveratrol banyak terkandung pada bagian daging dan juga biji anggur, disarankan untuk mengkonsumsi buah anggur dengan cara dijus agar kandungan resveratrol pada biji anggur tidak terbuang.

8. Tomat

Tomat sangat mudah dijumpai di Indonesia, bahkan sobat bisa melihat tomat di kulkas sobat sendiri. Pada umumnya tomat diolah menjadi penambah rasa pada masakan berkuah seperti soto, sop dan yang lainnya. 
pentingnya buah untuk kesehatan jantung
Tomat
Tomat mengandung senyawa antioksidan likopen yang sangat tinggi. Likopen adalah senyawa antioksidan yang mampu mengurangi kadar lemak jahat pada pembuluh darah. Tomat juga mengandung senyawa kalium yang baik untuk kesehatan jantung.

Mengkonsumsi buah - buahan diatas tidak serta - merta langsung membuat jantung menjadi sehat, artikel ini dibuat sebagai cara untuk mencegah serangan jantung bukan untuk mengobatinya. Jantung yang sehat dapat diperoleh dengan cara olahraga rutin, meninggalkan kebiasaan yang tidak sehat serta mengkonsumsi buah - buahan yang baik untuk kesehatan jantung.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, cheers!

2 komentar

Titanium Max Trimmer 3D Models & Models - TITNIA-ART
We have stainless steel vs titanium apple watch created our latest models and models for the Oculus Quest titanium tv 2. Our titanium key ring model for our model is the trekz titanium headphones T1 Mini VR Headset titanium paint color with the Duo Plug-and-Play


EmoticonEmoticon