Wednesday, July 5, 2017

5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Seberapa sering kita mendengar publik figur, tetangga, teman, bahkan keluarga sendiri meninggal karena terserang penyakit jantung? Apa yang menyebabkan penyakit jantung sekarang ini begitu banyak diderita orang? Hal yang lebih mengerikan lagi adalah penyakit jantung menyerang tanpa memberikan tanda apapun. Siapapun yang menderita penyakit jantung bisa secara tiba - tiba meninggal tanpa ada tanda - tanda apapun. Artikel ini secara lengkap akan membahas mengenai tips menjaga kesehatan jantung yang sebenarnya begitu mudah untuk dilakukan sehari - hari.

cara menjaga kesehatan jantung
Tips Menjaga Kesehatan Jantung
Sebelum masuk ke poin utama, ada baiknya jika kita mengetaui fungsi jantung, tanda - tanda sakit jantung, dan pengobatan yang bisa dilakukan jika kita atau keluarga terserang jantung koroner.

Fungsi Jantung

Apa yang membuat organ tubuh satu ini begitu vital? Kenapa kerusakan jantung sangat berbahaya pada manusia? Jantung adalah organ pusat yang berfungsi memompa darah keseluruh organ tubuh lainnya pada tubuh. Darah yang dipompa oleh jantung mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh organ lain agar tetap berfungsi. Zat tersebut antara lain oksigen dan juga zat makanan yang sebelumnya telah melalui proses pencernaan. Sedikit saja jantung terganggu maka seluruh organ dapat terkena dampak buruknya.

Tanda - Tanda Penyakit Jantung

Banyak yang mengatakan penyakit jantung tidak memberikan tanda yang jelas. Pada kenyataannya penyakit jantung memberikan tanda yang jelas. Tanda - tanda penyakit jantung adalah nyeri pada dada dan sesak nafas, sedikit saja nyeri pada dada sebaiknya jangan diremehkan karena itu berarti sudah masuk pada fase yang buruk. Secara umum penyakit jantung dibagi menjadi 2 yaitu angina atau yang orang awam katakan sebagai angin duduk, dan yang kedua adalah serangan jantung. Penyakit jantung terjadi karena pembuluh darah koroner terhambat oleh lemak. Penghambatan pembuluh darah ini mengakibatkan suplai darah menuju jantung terhambat, lebih parahnya lagi adalah penggumpalan darah yang mengakibatkan pembuluh darah tertutup total, hal itulah yang menyebabkan serangan jantung.

Pengobatan Jantung Koroner

Jika kita atau keluarga di diagnosis penyakit jantung, hal yang pertama dan paling utama yang dapat dilakukan adalah mengubah pola hidup secara total. Pola hidup yang tidak sehat adalah faktor utama seseorang terkena penyakit jantung. Penyakit jantung koroner tidak dapat disembuhkan secara total, hanya saja dapat diturunkan resiko serangan jantungnya dan diturunkan gejalanya saja. Jika sudah parah hal yang dianjurkan adalah melakukan rangkaian operasi bypass jantung.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Serangan jantung adalah salah satu penyakit yang banyak merenggut nyawa manusia di seluruh dunia sekarang ini. Penyebab utamanya adalah pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, pola makan dan lain sebagainya. Sebelum menyesal terkena penyakit jantung ada baiknya jika kita semua menjalani gaya hidup yang sehat. Berikut 5 tips menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari penyakit jantung koroner.

1. Menjaga Pola Makan Sehat

Penyakit jantung koroner terjadi karena faktor dari luar khususnya makanan yang kita makan. Di Indonesia khususnya, terdapat banyak sekali jenis makanan bersantan dengan rasa yang nikmat.
kesehatan jantung
Pola Makan Sehat
Makanan seperti ini mengandung kolesterol yang sangat tinggi yang menjadi biang keladi penyakit jantung koroner. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan mengenai makanan agar terhindar dari penyakit jantung koroner:
  • Hindari makanan dengan kolesterol tinggi seperti makanan bersantan, berminyak, seafood (udang, kepiting).
  • Perbanyak konsumsi buah - buahan dan sayur - sayuran yang baik untuk jantung.                       [ Baca: 8 Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung ]
  • Perhatikan cara mengolah makanan, ada kalanya kolesterol yang tinggi pada makanan dikarenakan oleh cara mengolah makanan yang tidak sehat. Jika senang dengan makanan yang digoreng, usahakan untuk menggunakan minyak zaitun dalam menggoreng karena baik untuk jantung.

2. Stop Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol adalah satu perbuatan terbodoh yang dilakukan oleh manusia hingga saat ini.
tips menjaga kesehatan jantung
Merokok
Bayangkan saja komposisi yang terdapat pada rokok 100% adalah racun yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia termasuk kesehatan jantung. Racun yang dihisap akan menjadi flek dan menempel pada pembuluh darah koroner yang menyebabkan serangan jantung. Sayangilah diri sobat dengan berhenti merokok dan minum alkohol, tidak ada satupun kebaikan pada 2 hal tersebut.


3. Jaga Berat Badan

Salah satu faktor serangan jantung adalah obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan dapat memicu seseorang terkena penyakit jantung koroner.
penyakit jantung koroner
Jaga Berat Badan
Berat badan berlebih otomatis membuat kadar kolesterol darah menjadi tinggi dan dapat menyumbat pembuluh darah koroner pada jantung.


4. Jaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah juga adalah indikasi penyakit jantung koroner. Dengan menjaga kadar gula selalu normal kemungkinan besar kita terhindar dari penyakit jantung koroner. Caranya tentu dengan membatasi asupan karbohidrat.
mengobati jantung koroner
Kadar Gula Darah
Membatasi bukan berarti memangkas habis asupan karbohidrat, tetapi mengatur porsi makan agar tidak berlebihan, ditambah dengan olahraga yang teratur.

5. Lakukan Olahraga Rutin

Olahraga teratur adalah aset yang sangat berharga yang berkaitan dengan kesehatan tubuh kita. Olahraga secara teratur dengan porsi yang cukup membuat tubuh menjadi fit, baik secara fisik maupun secara psikis. Ada banyak manfaat olahraga rutin untuk tubuh kita, berkaitan dengan penyakit jantung koroner, olahraga teratur paling sedikit 3 kali seminggu dapat mencegah penyakit jantung.
mencegah penyakit jantung
Olahraga Rutin
Aliran darah akan lancar dan jantung akan sehat. Hal yang perlu diperhatikan adalah porsi olahraga. Tidak boleh melakukan olahraga secara berlebihan, olahraga berlebihan malah terbukti menghantarkan seseorang yang sudah menderita penyakit jantung kepada kematian. Pemanasan sebelum olahraga juga penting agar jantung tidak kaget ketika kita melakukan olahraga. Jogging santai selama paling sedikit 50 menit sudah cukup untuk membuat jantung dan paru - paru sehat.

Kesehatan jantung adalah aset yang sangat berharga yang kita miliki. Selagi jantung kita masih dalam keadaan yang optimal, ayo kita jaga dengan gaya dan pola hidup yang sehat. Sayangi jantung kita karena menjaga dan merawat pemberian Allah juga adalah salah satu bentuk syukur kita kepada sang pencipta. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa berlangganan artikel kesehatan, kecantikan, gaya hidup dan relationship melalui email pada form newsletter dibawah. Cheers!


EmoticonEmoticon