Tuesday, July 4, 2017

4 Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Gigi dan mulut adalah 2 bagian tubuh berbeda tetapi mempunyai keterikatan satu dengan lainnya. Kesehatan gigi berpengaruh besar pada kesehatan mulut, begitu juga sebaliknya. Gigi juga berperan dalam proses pencernaan awal, yang mana makanan diproses pertama kali oleh gigi. Jika gigi bermasalah maka akan mengganggu kesehatan mulut secara keseluruhan, salah satu contohnya adalah bau mulut karena gigi berlubang.

cara menghilangkan bau mulut
Gigi Berlubang
Gigi berlubang diakibatkan oleh sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga kuman berkembang biak dan membuat gigi menjadi busuk dan berlubang. Adapun gigi berlubang mengakibatkan banyak hal seperti rasa nyeri pada gigi dan juga bau mulut yang tidak sedap.

Efek Samping Gigi Berlubang

Gigi berlubang jika dibiarkan tentunya akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan mulut diantaranya:

Penyebab Gigi Berlubang

Gigi berlubang umumnya disebabkan oleh sisa makanan yang menempel pada gigi, yang kemudian menjadi tempat berkembang biak kuman dan juga bakteri. Kuman dan bakteri ini mengubah gula pada makanan yang menempel pada gigi menjadi asam, sehingga membuat gigi busuk dan berlubang. Itulah kenapa setiap makan permen, atau makan makanan yang mengandung karbohidrat, disarankan untuk langsung menyikat gigi, hal ini untuk mencegah gigi berlubang. Gigi berlubang menyebabkan masalah pada mulut khususnya bau mulut. Bau mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang dipicu oleh kuman yang mengubah gula menjadi asam sehingga mulut mengeluarkan bau busuk.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Aroma tidak sedap yang muncul dari mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang dapat dihilangkan dengan berbagai macam cara, mulai dari yang bersifat gaya hidup maupun pengobatan. Berikut pembahasannya.

1. Perhatikan Kebersihan Gigi

Gigi yang berlubang dapat menjadi tempat makanan masuk dan mengendap. Endapan makanan ini jika dibiarkan beberapa menit saja maka akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.
cara mengobati bau mulut karena gigi berlubang
Kebersihan Gigi
Hal ini adalah faktor utama yang membuat bau mulut pada gigi berlubang. Untuk itu pastikan jika mulut tetap bersih setelah makan dengan cara biasakan diri berkumur dengan air putih ataupun mouthwash setelah makan. Berkumur dapat membantu mengangkat sisa makanan dari sela - sela gigi yang mudah dijangkau maupun yang sulit dijangkau. Ada baiknya jika menyikat gigi setelah makan, terlebih lagi pada area gigi yang berlubang.

2. Mengunyah Permen Karet/Mint

Mengunyah permen karet adalah cara yang efektif untuk membersihkan daerah mulut dan gigi. Tekstur permen karet yang lengket dan elastis dapat membersihkan sisa makanan meskipun pada daerah gigi yang sulit dijangkau.
menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang
Permen Karet
Aroma permen karet dan permen mint yang segar juga dapat menyamarkan bau mulut yang diakibatkan gigi berlubang.

3. Menambal Gigi Berlubang

Menambal gigi yang berlubang adalah salah satu cara yang paling sederhana untuk mengatasi bau mulut.
bau mulut karena gigi berlubang
Menambal Gigi Berlubang
Lubang pada gigi akan ditutup oleh adonan yang menyerupai semen, sehingga sisa makanan tidak akan dapat tertinggal pada gigi berlubang. 

4. Mencabut Gigi Berlubang

Jika kondisi gigi sudah sangat buruk seperti menghitam dan membusuk, perlu ditangani lebih lanjut.
cara efektif menghilangkan bau mulut
Mencabut Gigi Berlubang
Biasanya dokter akan menyarankan untuk mencabut gigi berlubang ketika gigi dalam keadaan tidak nyeri. Mencabut gigi yang berlubang dapat mengobati bau mulut.

Hal yang wajib diperhatikan jika gigi berlubang adalah kebersihan mulut. Menjaga kebersihan mulut dari sisa - sisa makanan penting agar bau mulut tidak muncul. Biasakan berkumur setelah makan jika tidak ingin repot menyikat gigi. Untuk penanganan jangka panjang ada baiknya jika gigi yang berlubang segera ditambal agar gigi yang lainnya tidak ikutan rusak.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Ingat selalu menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. Jangan lupa untuk berlangganan artikel kesehatan, kecantikan, gaya hidup dan relationship melalu form newsletter dibagian bawah. Cheers!


EmoticonEmoticon