Monday, June 6, 2016

Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Sahur Selama Bulan Puasa

Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Sahur Selama Bulan Puasa - Tidak terasa bulan yang penuh berkah dan ampunan sudah kembali mengunjungi seluruh umat islam diseluruh dunia. Pastinya ada banyak yang dirindukan dari Bulan Puasa yang datang sekali selama setahun ini bukan? Suasana yang terasa sangat berbeda terlebih lagi Indonesia adalah negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia.

bagaimanacara - cara agar tidak mengantuk saat sahur dan puasa

Semua terlihat bersuka cita menyambut bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan ini. Tidak jarang baik tua maupun muda ketika sedang menjalankan Sahur suka terasa berat karena rasa Kantuk yang luar biasa, hal ini tentu akan mengganggu proses Sahur karena walau bagaimanapun pasti terasa aneh mau makan dengan mata yang Mengantuk.

Baca Juga
Mengatasi Rasa Kantuk Yang Berlebih Saat Di Kantor

Penyebab Ngantuk Saat Puasa

Penyebab anda Mengantuk Saat Puasa adalah karena kadar gula di dalam tubuh menurun drastis, hal itu menyebabkan suplai darah menuju otak menjadi lambat. Hal ini tentu membuat anda mengantuk dan terus - terusan menguap, bahkan tidak jarang kepala terasa pusing dan tidak bersemangat melakukan aktifitas seperti biasanya. Penyebab Mengantuk Saat Sahur lainnya ialah karena anda kurang tidur. Kegiatan yang biasanya tidak berkurang walaupun sedang melakukan Ibadah Puasa bisa juga menjadi penyebab tubuh anda kelelahan dan jadi cepat Mengantuk. Usahakan untuk tidur paling lama jam 10 malam agar tubuh anda mendapatkan waktu istirahat yang maksimal pada saat Bulan Puasa. Zat besi juga berperan dalam tubuh anda untuk menyerap oksigen ke otak, usahakan asupan oksigen anda terpenuhi dengan baik pada saat berbuka maupun pada saat sahur agar keesokan harinya bisa beraktifitas tanpa Mengantuk. Berikut bagaimanacaraa memberikan Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Sahur.

Baca Juga
Cara Memilih Menu Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat 

Konsumsi Cairan yang Cukup

bagaimanacaraa - konsumsi cairan saat puasa

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan, wajar kalau anda terasa lemas dan Mengantuk saat Bulan Puasa karena konsumsi cairan ke tubuh anda berkurang sangat drastis. Minum yang cukup saat berbuka dan Sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Hindari meminum minuman yang mengandung kafein pada saat Sahur karena kafein akan secara cepat mengeluarkan cairan dari dalam tubuh melalui air seni anda.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

bagaimanacaraa - konsumsi sayuran saat puasa

Seperti yang saya sampaikan diatas Zat Besi berperan untuk mengantarkan suplai oksigen ke otak. Zat Besi sangat penting agar anda tidak selalu Mengantuk Saat Puasa. Zat Besi bisa anda peroleh dari sayur - sayuran seperti bayam, kangkung, daun singkong dan sawi. Cara mengolah sayur yang baik pada saat puasa pun lebih baik cukup direbus saja tanpa perlu menambahkan santan dan lain sebagainya, cukup sayur bening saja.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks maka proses pemecahan karbohidrat menjadi gula darah akan berlangsung lebih lama, ini berarti energi yang tersimpan pada tubuh akan lebih lama dan menghindarkan anda dari rasa kantuk pada saat puasa maupun pada saat Sahur.

Tidur yang Cukup

bagaimanacaraa - tidur yang cukup selama bulan puasa

Jawaban paling logis kenapa anda mengantuk adalah karena anda kurang tidur. Penuhi waktu tidur anda agar tubuh selalu terasa fit dan segar saat beraktifitas walaupun sedang menjalankan ibadah Puasa. Tidurlah paling lambat jam 10 malam agar waktu tidur anda terpenuhi secara maksimal. Hal ini juga akan menghindari anda dari rasa Kantuk yang luar biasa pada saat sedang Sahur.

Sekianlah tips dari bagaimanacaraa tentang Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Sahur Selama Bulan Puasa, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan semoga puasa tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya, terima kasih.  


EmoticonEmoticon