Thursday, June 9, 2016

Tips Hemat Buka Puasa Saat Traveling

Tips Hemat Buka Puasa Saat Traveling - Traveling adalah hobi yang sangat mengasyikkan dan sekaligus melelahkan. Siapa sih yang tidak suka dengan jalan - jalan, melihat tempat dan lokasi yang baru, melihat kultur dan kebudayaan yang belum pernah dilihat sebelumnya, hampir semua orang pasti suka dengan Traveling. Di bulan puasa yang penuh berkah dan ampunan ini pasti ada saja mereka - mereka yang hobi Traveling walaupun sedang berpuasa, walaupun sebenarnya godaan dan cobaan pasti datang lebih berat ketika sedang Traveling.

bagaimanacaraa - tips hemat buka puasa saat traveling

Tidak ada salahnya melakukan Traveling saat sedan Puasa asalkan tidak membatalkan dan mengurangi pahala Puasa anda, kalau tidak lebih baik dirumah deh.

Kendala lain yang sering ditemukan para Traveler pada saat sedang traveling di bulan puasa adalah saat mau solat dan saat Buka Puasa.

Berikut bagaimanacaraa memberikan Tips Hemat Buka Puasa Saat Traveling.

Gunakan Aplikasi Android

Pada era modern seperti sekarang ini ada banyak sekali aplikasi yang dapat mendukung anda dalam melakukan aktifitas di luar rumah termasuk untuk para traveler yang sedang berpuasa.

bagaimanacaraa - tips buka puasa pas traveling

Anda dapat menggunakan aplikasi yang dapat menunjukkan anda arah kiblat yang benar, waktu solat yang dilengkapi dengan adzan yang tentunya akan mengingatkan anda waktu solat sudah tiba, yang lebih penting adalah memberi tahu anda dimana saja lokasi mesjid terdekat jika memungkinkan. Aplikasi apa saja yang bisa anda gunakan saat Traveling bisa anda lihat pada artikel berikut
Aplikasi Wajib Pada Saat Bulan Puasa

Selalu Sedia Makan Ringan Di Tas

Banyak hal yang tidak terduga akan terjadi pada saat sedang traveling, semua traveler pasti tahu itu. Termasuk waktu berbuka tiba pada saat posisi masih sedang dalam perjalanan dan tidak bisa menemukan tempat makan.

bagaimanacaraa - tips berbuka puasa saat traveling

Buka puasa pada dasarnya harus segera dilaksanakan jika waktunya sudah tiba, malah akan berdosa kalau ditunda - tunda, maka dari itu adalah hal yang baik jika anda selalu sedia makanan ringan sekaligus air minum di dalam tas agar pada saat waktu tiba anda bisa segera langsung membatalkan puasa anda.

Beda Lokasi Beda Waktu Berbuka Puasa

Jika anda berasal dari daerah bagian barat Indonesia dan sedang Traveling ke bagian timur Indonesia ada perbedaan waktu hingga 2 jam, sehingga anda harus mengetahuinya karena anda akan merasa waktu berbuka disana akan lebih cepat dari kebiasan anda biasanya. Setting ulang lokasi anda melalu smartphone secara otomatis waktu pada aplikasi pengingat waktu adzan juga akan menyesuaikan dan anda tidak akan kebingungan dan lupa untuk berbuka puasa.

Baca Juga
Cara Agar Tidak Mengantuk Pada Saat Sahur 

Cari Mesjid Terdekat

Tips Hemat Buka Puasa lainnya adalah dengan cara mencari mesjid terdekat ketika waktu berbuka akan tiba. Biasanya mesjid - mesjid akan menyediakan takjil gratis untuk siapa saja yang ingin berbuka disana, bahkan terkadang disediakan juga nasi kotak untuk makan malamnya.

bagaimanacaraa - tips buka puasa pas traveling

Anda bisa mencari mesjid dan berbuka di mesjid, uang yang seharusnya anda pakai membeli takjil dan makan malam bisa disumbangkan ke mesjid sebagai amal tentunya, bermanfaat bukan?

Rencanakan Traveling Dengan Baik

Semua akan berjalan dengan baik jika direncanakan dengan matang terlebih dahulu. Rencanakan lokasi Traveling anda, cari tempat atau lokasi seperti mesjid, tempat makan yang terdekat dan murah di sekitar lokasi anda akan mengadakan Traveling.

bagaimanacaraa - tips buka puasa pas traveling

Hal ini pastinya akan membuat pengeluaran anda akan lebih terkendali dan tertata. Jika anda Traveling ke negara barat atau yang penduduknya mayoritas non muslim anda bisa riset di google tempat atau lokasi di daerah itu yang banyak dihuni oleh penduduk muslim, sebagai muslim anda akan sangat diterima dan disambut.

Sekian Tips Buka Puasa Saat Traveling dari bagaimanacaraa, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi para pembaca sekalian. Semoga puasa tahun ini menjadikan kita manusia dan pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya, terima kasih.


EmoticonEmoticon