Sunday, July 2, 2017

10 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen

Penampilan adalah faktor penting yang dapat menunjang aktifitas dan juga kegiatan sosial kita sehari - hari. Penampilan yang baik dapat membuat orang lain merasa nyaman berinteraksi dengan kita, baik itu lawan jenis maupun sesama jenis. Selain dari penampilan, ada satu lagi faktor yang mempengaruhi interaksi kita dengan orang lain, yaitu bau ketiak.

cara menghilangkan bau ketiak
10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak
Bau ketiak muncul akibat kuman yang berkembang biak pada cairan keringat, yang banyak diproduksi pada kelenjar yang terdapat pada ketiak. Pada sebagian orang cairan keringat yang diproduksi berjumlah sangat banyak yang mengakibatkan bau ketiak sangat menyengat dan tentunya mengganggu kenyamanan.

Efek Negatif Bau Ketiak

Bau ketiak tentunya sangat mengganggu siapa saja yang menciumnya. Untuk semua orang yang mengalaminya tentulah akan mengalami beberapa hal negatif baik disadari maupun tidak, efek negatif itu antara lain:
  • Menghambat pergaulan.
  • Mengganggu pekerjaan.
  • Sulit mendapatkan pasangan.
  • Putus cinta.
  • Sering dibicarakan buruk / ditertawakan orang lain / dibully.
  • Mengganggu orang lain.

Penyebab Bau Ketiak

Bau ketiak disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:
  • Jumlah kuman dan bakteri yang banyak pada ketiak.
  • Produksi keringat berlebih mengakibatkan bau badan tidak sedap.
  • Jarang mandi.
  • Tidak mengganti pakaian secara rutin.
  • Faktor konsumsi makanan.

Cara menghilangkan bau ketiak secara cepat adalah dengan menggunakan deodoran, hal ini tentu tidaklah maksimal karena hasilnya tidak permanen. Cara menghilangkan bau ketiak secara permanen adalah dengan melakukan treatmen berkala dan tentunya membutuhkan waktu. Pada artikel ini saya telah merangkum 10 cara yang sobat bisa gunakan dirumah untuk menghilangkan bau ketiak secara permanen, semoga hasilnya memuaskan.

1. Hindari Makanan Penyebab Bau Ketiak

Menghindari makanan penyebab bau pada ketiak adalah hal yang paling logis yang bisa dilakukan. Makanan - makanan ini umumnya memiliki aroma yang menyengat dan rasa yang kuat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang umumnya sering dikonsumsi yang menyebabkan bau ketiak berlebihan.

a. Bawang Putih/Bawang Merah

Bawang-bawangan adalah rempah yang biasanya digunakan pada masakan sehari - hari. Tanpa bawang putih dan bawang merah makanan tidak akan senikmat biasanya.
cara menghilangkan bau ketiak permanen
Bawang
Jika sobat mengalami masalah dengan bau badan, sobat wajib menghindari atau paling tidak mengurangi konsumsi bawang putih dan bawang merah. Selain menyebabkan bau badan, bawang putih dan bawang merah juga dapat menyebabkan bau mulut.

b. Daging Merah

Mengkonsumsi daging merah dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan produksi keringat yang berlebih.
menghilangkan bau ketiak
Daging
Hal ini dikarenakan daging merah dicerna lebih lama pada tubuh, sehingga produksi keringat meningkat yang mengakibatkan bau ketiak tambah parah.

c. Kafein

Kafein jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan intensitas yang sering dapat menyebabkan bau badan yang sangat mengganggu.
cara menghilangkan bau badan
Kopi

2. Hindari Kebiasaan Yang Menyebabkan Bau Ketiak

Tidak hanya dari makanan, bau ketiak juga dapat disebabkan dari kebiasaan - kebiasaan tidak sehat atau jorok yang secara tidak sadar dilakukan sehari - hari. Kebiasaan ini harus secara total dihindari untuk menghilangkan bau badan.

a. Jarang Mandi

Mandi lah paling sedikit 2 kali sehari dan paling banyak 3 kali sehari, terlebih lagi kita tinggal di negara dengan iklim tropis dan ditambah dengan kegiatan sehari - hari yang tentunya membuat tubuh memproduksi keringat dalam jumlah yang banyak.
cara menghilangkan bau badan permanen
Jarang Mandi

b. Merokok

Merokok selain berbahaya untuk kesehatan juga merupakan salah satu penyebab bau badan yang menyengat.
menghilangkan bau badan
Merokok
Zat yang terdapat pada rokok yang menyebabkan bau ketiak adalah tembakau. Tembakau yang terserap pada tubuh akan bercampur dengan keringat yang tentunya mengakibatkan bau badan bertambah.


c. Mengenakan Pakaian Tidak Menyerap Keringat

Jenis kain pada pakaian juga sama besar pengaruhnya terhadap bau keringat. Keringat yang tidak dapat diserap oleh pakaian dapat membuat kuman berkembang biang lebih cepat sehingga bau keringat semakin menyengat.
cara menghilangkan bau ketiak alami
Pakaian Tidak Menyerap Keringat
Pakaian yang tidak dapat menyerap keringat biasanya terbuat dari kain polyester yang banyak digunakan untuk bahan seragam sepakbola, kain katun silk yang bisa dikenali dari permukaanya yang berkilap. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan pakaian dalam dengan bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik seperti kaos dan juga tanktop.

d. Mencuci Pakaian Tidak Bersih

Jika sobat tidak bersih dalam mencuci pakaian juga dapat berpengaruh dengan bau badan.
cara menghilangkan bau ketiak dengan cepat
Mencuci Pakaian Tidak Bersih
Hal yang perlu sobat perhatikan dalam mencuci pakaian agar tidak bau adalah sebagai berikut:
  • Hindari terlalu lama merendam pakaian, rendam pakaian tidak lebih dari 15 menit. 
  • Ketika mengucek pakaian, kuceklah dengan pas, tidak terlalu kuat dan tidak juga terlalu pelan.
  • Bilas pakaian hingga betul - betul bersih dari busa.
  • Pastikan pakaian kering, jangan sampai lembab sedikit pun karena akan menjadi tempat kuman berkembang biak.

3. Mengkonsumsi Batang Serai

Batang serai memiliki manfaat sebagai antiseptik dan juga antikuman. Mengkonsumsi batang serai secara rutin dapat menyamarkan bau ketiak secara permanen. 
menghilangkan bau ketiak tanpa efek samping
Batang Serai
Aroma dan rasanya yang khas membuat batang serai ini sangat tidak enak untuk dikonsumsi secara langsung. Cara mengatasinya adalah sobat bisa mengkonsumsi batang serai yang dijadikan bumbu masakan seperti pada gulai ayam. Kunyah batang serai sampai seluruh cairan pada batang serai habis dan mengering. Konsumsi paling sedikit 1 kali dalam seminggu secara rutin maka bau ketiak akan hilang secara permanen.

4. Mengkonsumsi Daun Sirih

Sudah banyak yang mengetahui kasiat daun sirih sebagai antibakteri dan antiseptik. Meminum air daun sirih secara rutin adalah cara mengurangi bau badan. 
menghilangkan bau ketiak dengan daun sirih
Daun Sirih
Rebus daun sirih sebanyak 5 lembar dengan air sebanyak 1.5 gelas, minum airnya saja setiap hari sebelum tidur secara teratur. Daun sirih juga dapat digunakan sebagai masker pada ketiak. Tumbuk 5 lembar daun sirih sampai halus kemudian oleskan pada ketiak dan tunggu hingga kering, setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan 1 kali sehari setiap hari setelah mandi pagi.

5. Menggunakan Tawas Sebagai Deodoran Alami

Tawas bisa digunakan sebagai pengganti deodoran. Tawas memiliki sifat yang dapat mengumpulkan kotoran dan juga pembunuh kuman yang ampuh. 
menghilangkan bau ketiak dengan tawas
Tawas
Selain itu tawas juga dapat memutihkan ketiak yang hitam secara alami. Kelebihan tawas dibandingkan dengan deodoran yang ada di pasaran adalah tawas tidak membuat kulit ketiak iritasi. Cukup beli batu tawas dengan permukaan yang halus, gosokkan pada area ketiak saat diperlukan.

6. Gunakan Sabun Anti Bakteri

Sekarang ini sudah terdapat banyak sekali produk sabun anti bakteri yang dapat dibeli. Gunakan sabun anti bakteri baik cair maupun yang padat setiap mandi. 
menghilangkan bau ketiak menyengat
Sabun Anti Bakteri
Penggunaan sabun anti bakteri dapat menurunkan produksi bakteri pada daerah ketiak yang mengakibatkan bau badan. Aromanya yang segar juga dapat menyamarkan bau badan dengan baik.

7. Cukur Bulu Ketiak Secara Rutin

Mencukur bulu ketiak adalah hal yang wajib dilakukan bagi penderita bau badan berlebih. Selain menjadi sunnah rasul bagi umat islam, mencukur bulu ketiak dapat menjaga kebersihan pada area ketiak. 
cara mengatasi bau ketiak
Mencukur Bulu Ketiak
Bulu ketiak yang lebat adalah tempat yang sangat baik untuk kuman berkembangbiak. Lakukan paling tidak 2 bulan sekali sebagai cara menghilangkan bau badan.

8. Ganti Pakaian Secara Rutin

Jika masalah bau badan muncul dari banyaknya produksi keringat, bisa diatasi dengan mengganti pakaian secara berkala. 
cara mengatasi bau badan
Ganti Pakaian
Keringat berlebih yang menempel pada baju membuat aroma tidak sedap semakin menyengat. Mengganti pakaian secara berkala terlebih ketika keringat sedang dalam jumlah banyak dapat mengurangi bau badan yang mengganggu.

9. Minum Air Daun Peterseli

Daun peterseli memiliki aroma yang sangat khas. Secara umum daun ini digunakan sebagai bumbu penyedap pada masakan. 
cara mengatasi bau badan dengan cepat
Daun Peterseli
Selain itu bisa juga digunakan sebagai penghilang bau ketiak. Haluskan daun peterseli kemudian seduh dengan air hangat dan diminum. Minum secara rutin 1 kali setiap hari setelah bangun tidur untuk menghilangkan bau badan permanen.

10. Olahraga Rutin

Melakukan olahraga secara rutin memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Selain memperlancar metabolisme tubuh, olahraga secara rutin secara tidak langsung dapat mengurangi bau badan yang tidak sedap. 
cara mengatasi bau ketiak
Olahraga Rutin
Keringat yang keluar pada saat olahraga memperlancar aliran darah, sehingga keringat yang keluar ketika sedang melakukan aktifitas yang lain umumnya tidak mengeluarkan bau yang terlalu menyengat. Selain itu ada banyak lagi manfaat olahraga rutin pada tubuh yang dapat diperoleh. 

Itulah 10 cara ampuh yang dapat menghilangkan bau ketiak secara permanen yang dapat sobat aplikasikan sendiri dirumah. Perlu diingat jika bau badan pada tubuh dapat diatasi dengan gaya hidup yang sehat dan bersih. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat, cheers!


EmoticonEmoticon